Beranda Daerah Sandera Truck, Mahasiswa Makasar gelar Aksi Pemanasan Tolak Kebijakan Pemerintah

Sandera Truck, Mahasiswa Makasar gelar Aksi Pemanasan Tolak Kebijakan Pemerintah

172
0
BERBAGI
Aliansi Mahasiswa Makasar (ALMAKAR) menggelar Aksi di Depan Kampus UIN Alaudin Makasar menolak beberapa kebijakan Pemerintah, Rabu (11/1/2017) (Foto: Edunews.id)

MEDIAHARAPAN.COM, Makasar – Aliansi Mahasiswa Makasar (ALMAKAR) menggelar aksi mimbar bebas didepan Kampus UIN Alaudin Makasar Sulawesi Selatan, mereka menyikapi beberapa kebijakan Pemerintah yang saat ini mereka anggap telah menjadi persoalan bangsa. Rabu (11/1/2017).

Mahasiswa dan Aktifis Makasar ini mempersoalkan kebijakan kenaikan harga BBM yang telah ditetapkan pemerintah pada 5 Januri 2017 kemarin dan dianggap terdapat kesalahan prosedur dalam mekanisme penetapan kenaikkan harga,  selain itu mereka juga menyikapi kenaikan tarif dasar listrik untuk masyarakat seperti dilansir edunews.id hari ini.

ALMAKAR juga mendesak DPR untuk melakukan peninjauan kembali terhadap PP NO 23 Tahun 2010 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan Mineral dan Batu Bara (MINERBA)

“Selain itu juga, isu yang kami soroti mengenai hilirisasi minerba pasca rencana perubahan keempat PP 23/2010” kata korlap aksi Arlifin Akbar dalam orasinya.

Aksi yang dilakukan ALMAKAR ini sempat membuat kemacetan panjang disepanjang jalan Sultan Alaudin Makasar atau didepan kampus UIN Alaudin tempat aksi berlangsung, pasalnya selain membakar ban bekas, mahasiswa juga menyadera beberapa mobil truck yang melintas didepan kampus mereka.

Menurut seorang peserta aksi, mimbar bebas yang mereka gelar hari ini baru sekedar pemanasan untuk aksi yang lebih besar lagi pada esok hari.

“Aksi hari ini hanyalah prakondisi, kita akan turun lagi besok dengan massa aksi lebih banyak. Kalau tuntutan kami tidak di indahkan maka jangan salahkan kami kalo sulsel akan bergejolak” ancam Arfah yusuf dalam orasinya. 

Sebelumnya  mahasiswa Solo, kader HMI Jakarta dan Mahasiswa dari PMII Unisma  juga telah melakukan aksi dengan isu yang nyaris sama.

Dikabarkan besok,  Kamis 12 Januari 2017 Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Juga akan menggelar aksi dengan statement yang hampir sama di 19 titik simpul BEM SI yang ada di Indonesia seperti yang disampaikan oleh Koordinator Pusat BEM SI, Bagus Tito Wibisono kepada mediaharapan.com.

Dengan membawa Hastag #AKSI BELA RAKYAT 121 dan #REFORMASI JILID 2 mereka akan menggelar mimbar bebas dibeberapa provinsi di Indonesia.

Bagus juga menjelaskan untuk Mahasiswa di Jakarta, Aksi akan dipusatkan di Depan Istana Negara. (MH007)

Comments

comments